0. Instalasi WxPython & WxFormBuilder
Install WxPython

Langkah pertama membangun aplikasi yaitu menginstall aplikasi wxpython pada sistem operasi kita. WxPython dapat diinstall layaknya package pada python yang menggunakan pip (package manager khusus python)
Jalankan perintah berikut untuk menginstall WxPython versi terbaru
python -m pip install wxpython
atau langsung menggunakan pip
pip install -U wxpython
Install WxFormBuilder
WxFormBuilder berguna untuk mendesign tampilan aplikasi kita.
Kunjungi link di bawah ini untuk men-download versi terbaru, pilih yang ber-extensi .exe apabila kamu menggunakan windows, sesuaikan dengan sistem operasi kalian masing-masing.
Download WxFormBuilder terbaru
1. Membuat folder project & Men-design tampilan dengan WxFormBuilder
Membuat folder project
Pertama, kita perlu membuat folder untuk aplikasi kita. Folder ini digunakan untuk menyimpan semua file dari aplikasi kita.
Men-design tampilan WxFormBuilder

Tahap pertama dalam mendesign tampilan, kita perlu membuat frame dan belajar memahami fungsi sizer/layout pada wxformbuilder.
- Klik komponen yang bertanda : Project pada Object Tree, lalu atur properties seperti name, file, dan code generation. Sesuaikan dengan nama aplikasi kalian. Untuk code generation silahkan centang Python.

- Buat frame utama dengan menambahkan frame dari Component Palette > Forms > Pilih Frame
- Tambahkan sizer utama untuk mengatur elemen di dalam frame. Sizer dapat dilihat pada menu Component Palette > Layout > Kumpulan sizer. Disitu akan terdapat banyak sizer, mulailah dengan yang paling kiri (WxBoxSizer)
Mengatur property dari sebuah komponen dapat dilakukan pada menu Object Properties. Hal yang terpenting disini yaitu mengatur name sebuah komponen agar nantinya dapat kita atur dengan codingan. Untuk penamaan komponen silahkan sesuai dengan keinginan kalian, semakin konsisten penamaan suatu komponen, maka akan semakin mudah mengaksesnya nanti.

Apabila kita sudah memahami bagaimana mengatur tata letak element, berikut contoh struktur object

Jika sudah selesai, silahkan Save Project kalian pada direktori yang kalian buat tadi, lalu pilih File pada menu bar, klik menu Generate Code.

Yang kita lakukan barusan yaitu membuat tampilan utama aplikasi kita, selanjutnya yaitu Generate Inherited Class (F6). Klik pada menu bar Tools, pilih Generate Inherited Class lalu tekan tombol OK. Sesuaikan nama file yang akan digenerate

Di folder anda harusnya terdapat dua file, file tampilan utama dan file subclass dari sebuah frame utama.
Selanjutnya kita perlu membuka code editor kita dan buka folder projectnya.
2. Let's run our app.
Sebelum menjalankan aplikasi, kita perlu membuat file utama yaitu main.py
.
Contoh file hasil dari Generate Inherited Class tadi kurang lebih sebagai berikut.
"""Subclass of mainFrame, which is generated by wxFormBuilder."""
import wx
import transfersh
# Implementing mainFrame
class TransferShMainFrame( transfersh.MainFrame ):
def __init__( self, parent ):
transfersh.MainFrame.__init__( self, parent )
Selanjutnya kita perlu sedikit code pada file main.py
Contohnya seperti berikut.
import wx
from TransferShMainFrame import TransferShMainFrame #1
class MainApp(wx.App):
def OnInit(self):
self.frame = TransferShMainFrame(None) #2
self.frame.Show(True) #3
return True
if __name__ == '__main__': #4
app = MainApp()
app.MainLoop()
Pada komentar #1, kita meng-import file hasil dari Generate Inherited Class. Sesuaikan dengan file yang kita generate tadi.
Komentar #2, kita menginstasiasi frame pada file #1. Pada baris selanjutnya (#3) kita tampilkan framenya.
Komentar #4 berfungsi untuk mengecek apakah file main.py dijalankan melalui perintah python main.py
, maka program akan menampilkan aplikasinya.
Langkah selanjutnya. Jalankan perintah python main.py
. Perintah tersebut akan menjalankan file main.py
kita.
Contoh program transfer.sh saya.

Tahap terakhir yaitu memahami bagaimana cara mengambil nilai dari textbox, bagaimana cara menambahkan event pada tombol ketika di klik dan masih banyak lagi.
Resources